Get me outta here!

Saturday, June 30, 2018

Suka Anime? Suka K-Pop? Why Not Both?

Jaman now, penggemar anime dan penggemar K-Pop kayaknya ga akur ya?
Masing-masing merasa lebih baik dari yang lainnya. Penggemar anime dikatain wibu no-life yang suka sama hal-hal nggak nyata. Penggemar K-Pop dikatain tukang delusi tingkat dewa yang hobi ngayal punya pasangan hidup para idolanya (yang kadang dikatain homo juga).

Pengakuan dulu.
Saya suka pop culture kedua negara tersebut. Dari kecil saya suka animanga, game, bahkan jadi fans garis keras band visual kei Jepang yang sekarang udah bubar (sebut saja Kagrra,). Semenjak Kagrra, bubar, anime Gintama hiatus, Fairy Tail tamat, dan leptop saya akhirnya modar gabisa buat main game PS2 via emulator lagi, saya pun sedikit demi sedikit mulai mengenal pop culture dari negara tetangga. Dari acara variety show, idol group, K-Pop, sampai K-drama saya jamah semuanya.

Setelah kenal pop culture Korea, bukan berarti saya jadi anti sama pop culture Jepang ya. Keduanya punya daya tarik masing-masing, gabisa disamain. Dan menurut saya, kenapa nggak jadi penggemar kedua pop culture itu tanpa saling ejek?

Dan justru karena saya kenal pop culture Jepang sebelum pop culture Korea, saya jadi notice kalau ada beberapa artis K-Pop yang mengisi OP/ED beberapa serial anime, lho!
Yep, mayoritas artis K-Pop yang cukup booming di Korea bakalan mulai debut di Jepang juga. Dan salah satu media promosi lagu-lagu mereka adalah dengan menjadi lagu pembuka atau penutup serial anime di Jepang.

Siapa aja artis K-Pop yang pernah mengisi OP/ED anime?

1. BoA



Siapa yang gatau lagu di atas coba angkat tangan???? Biar saya tabok pake sendok nasi wkwk
Kebangetan lah kalo gatau anisong legenda satu ini. Saya yakin generasi 90an yang tiap Minggu doyan mantengin tv dari abis subuh sampe mau dhuhur pasti seenggaknya pernah sekali nonton anime-nya yang lumayan populer di jamannya; INUYASHA. Saya pun sampe sekarang masih suka dan kadang nonton ulang anime-nya hehe #gadaygnanya
BoA adalah penyanyi di bawah naungan agensi SM Entertainment dan label Avex Trax saat promosi di Jepang. Selain lagu legendaris Every Heart yang dijadikan lagu penutup anime Inuyasha, BoA juga menyumbangkan suara untuk anime FAIRY TAIL (Masayume Chasing) dan anime MONKEY TYPHOON (Beside You : Boku o Yobu Koe)

2. DBSK



Setelah itu ada 'saudara'-nya BoA nih, DBSK (Dong Bang Shin Ki). Atau dikenal juga sebagai TVXQ. Atau Tohoshinki. Berada di bawah naungan SM Entertainment, DBSK juga melebarkan sayap sampai ke Jepang. Waktu mereka masih lengkap berlima, mereka sempat mengisi OP/ED anime One Piece. Nggak cuma satu, ada TIGA lagu One Piece yang mereka nyanyikan!
Ada Asu wa Kuru Kara, We Are! ~10th Anniversary Version~, sama Share the World (di video atas).
Beberapa anggota DBSK sendiri kabarnya fans beratnya One Piece. Saya gabisa bayangin gimana reaksi mereka waktu dikasih tau bakal ngisi opening di anime kesukaan mereka. Nyanyiin soundtrack legendarisnya juga pula dalam rangka 10 tahun anime One Piece. Pasti bakal girang banget ya XD
Oh oh oh! Halloween tahun lalu juga member DBSK cosplay karakter One Piece lho!

3. Younha



Berbeda dari BoA dan DBSK, penyanyi K-Pop dengan nama panggung Younha ini justru debut duluan di Jepang dan mendulang kesuksesan. Bahkan lagu Houki Boshi yang jadi ending anime BLEACH ini sempat disejajarkan dengan pencapaian lagu milik BoA karena tembus Chart Oricon.
Waktu saya nonton Bleach dan iseng merhatiin credit title-nya sih saya udah yakin banget yang nyanyi ending-nya bukan artis Jepang karena namanya Younha. Eh, ternyata bener wkwk #gapenting
Selain mengisi ending Bleach, Younha juga menyumbangkan suaranya untuk anime JYU OH SEI (Te wo Tsunaide), RIDEBACK (Kioku), dan KIBA (Hakanaku Tsuyoku).

4. J-Min



Pengisi opening  dan ending salah satu anime favorit saya sepanjang masa--HANASAKERU SEISHOUNEN. Yep, waktu manga Hanasakeru Seishounen diadaptasi jadi anime, dua lagu milik J-Min didaulat jadi opening dan ending-nya. Lagu Change sebagai opening dan One sebagai ending.
Terlepas dari lagunya, saya rekomenin nonton Hanasakeru Seishounen buat kalian yang suka anime reverse-harem macam Ouran High School Host Club atau Hakouki XD #malahpromo
Oiya, mbak J-Min ini artis SM juga lho gaes! Walaupun nggak gitu terkenal kayak artis SM lainnya, tapi suaranya oke punya. Selain anime, J-Min juga sempat ngisi OST buat drama To The Beautiful You.

5. CNBLUE


Jujur ya, saya baru tahu CNBLUE pernah ngisi lagu anime justru waktu saya research soal artis K-Pop yang nyanyi lagu anime orz Padahal saya sempat jadi fans CNBLUE sekitar tahun 2014-2015 #merasagagal
Nah, lagu In My Head milik CNBLUE ini didapuk jadi ending anime SUPERNATURAL. Yep, itu adalah versi anime-nya serial TV Barat yang terkenal banget dengan judul yang sama. Yang ceritanya tentang abang-adik nyari bapaknya yang ilang abis emaknya dibunuh iblis itu lhoooo XD

Setelah saya browsing-browsing dan nyari link video-video tadi, barulah saya tau kalo nggak cuma artis-artis K-Pop di atas aja yang pernah ngisi OST anime. Karena saya nggak ngeh sama sisanya, jadi bisa dicek sendiri di sini yak :D

Pengakuan dosa terakhir : Saya nonton Ao no Exorcist sama Beelzebub tapi ga nyadar itu yang ngisi OST-nya FT Island sama 2PM orz
*kaboooooooor

0 comments:

Post a Comment